Cara mengukur trafo jenis autotransformator

Berbeda dengan trafo catu daya, trafo jenis autotransformator memiliki kumparan sekunder yang masih terhubung dengan kumparan primer. Sehingga pengujian pada autotransformator lebih mudah. Cukup menghubungkan probe multimeter pada salah satu Tap trafo, dan probe multimeter satu lagi dihubungkan dengan Tap trafo yang lainnya. Ketika diukur, jarum multimeter harus menunjukan nilai hambatan tertentu. Jika hambatan sangat rendah hampir mendekati nol, atau jarum multimeter tidak bergerak sama sekali, maka trafo tersebut rusak.

cara mengukur trafo dengan multimeter
Setelah mengukuran hambatan pada kumparan dilakukan, hubungkan salah satu probe multimeter pada inti besi trafo autotransformator, dan probe satunya lagi dihubungkan ke semua Tap trafo satu persatu. Seharusnya jarum multimeter tidak bergerak sama sekali. Jika jarum multimeter menunjukan hambatan tertentu, maka bisa dipastikan trafo tersebut rusak. Demikian penjelasan dari cara mengukur trafo yang benar.
Cara mengukur trafo jenis autotransformator Cara mengukur trafo jenis autotransformator Reviewed by admin on 21.55 Rating: 5

Tidak ada komentar:

banner image
Diberdayakan oleh Blogger.