Istilah Dalam Ponsel


Ada banyak sekali Istilah-istilah dalam ponsel, namun istilah yang akan saya uraikan di artikel kali ini adalah istilah yang sering sekali digunakan, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

Android
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang buat menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak.

Bada Os
Bada adalah sebuah sistem operasi mobile yang dikembangkan oleh Samsung Electronics untuk digunakan pada ponsel dan smartphone.

Symbian
Symbian OS adalah sistem operasi tak bebas yang dikembangkan oleh Symbian Ltd. yang dirancang untuk digunakan peralatan bergerak [mobile].

MP3
MPEG-1 Layer 3, yaitu standar kompresi paling umum untuk memproduksi file musik digital.

MP4
MP4 adalah multimedia container format standar yang ditetapkan sebagai bagian dari MPEG-4. paling sering digunakan untuk menyimpan video digital dan digital audio stream, terutama yang didefinisikan oleh MPEG , tetapi juga bisa digunakan untuk menyimpan data lain seperti teks dan gambar diam.

AAC
Advanced Audio Codec, yaitu format kompresi untuk file musik digital.

MegaPixel
Ukuran resolusi dalam kamera digital. Sama dengan satu juta pixel.

Bit Rate
Suatu setting yang digunakan saat mengkompresi musik ke dalam file digital. Bit rate yang lebih tinggi akan menghasilkan kualitas suara yang lebih baik.tetapi juga ukuran file yang lebih besar.

DRM
Digital Rights Management, yaitu suatu sistem pengamanan untuk mencegah penggandaan secara ilegal musik yang telah di-download.

DVB-H
Digital Video Broadcasting – Handheld, yaitu standar global untuk menyalurkan saluran televisi digital ke ponsel dan peralatan handheld lain.

XpressPrint
Paket solusi printing dari Nokia yang memungkinkan foto dicetak secara langsung dari handset secara online, di rumah, atau di toko-toko.

PictBridge
Standar komunikasi yang memungkinkan ponsel dan kamera digital untuk dikoneksikan secara langsung ke printer foto.

WMA
Windows Media Audio, yaitu format kompresi Microsoft untuk file musik digital yang dapat dimainkan di Nokia N91.

PDA
Personal Digital Assistant disingkat PDA adalah sebuah alat elektronik yang berbasis komputer dan berbentuk kecil serta dapat dibawa ke mana- mana.

MIDP
Mobile Information Device Profile [MIDP] adalah sebuah spesifikasi diterbitkan untuk penggunaan Java pada perangkat embedded seperti ponsel dan PDA .

SMS
Short Messaging Service, yaitu pesan singkat dalam bentuk teks.

EMS
EMS memungkinkan ponsel dapat mengirim dan menerima pesan yang memiliki format teks khusus (seperti tebal atau miring), animasi, gambar, ikon, efek suara dan nada dering khusus.

MMS
Multimedia Messaging Service, layanan pesan yang memungkinkan suara, foto, dan video untuk diselipkan ke dalam pesan teks.

IM
Instant messaging [IM] adalah kumpulan dari teknologi yang digunakan untuk komunikasi berbasis teks real-time antara dua atau lebih peserta melalui Internet, atau jaringan.

Bluetooth
Standar komunikasi nirkabel yang memungkinkan ponsel melakukan komunikasi atau transfer data ke PC, ponsel, atau gadget lain.

Near field communication [NFC]
adalah satu set standar untuk smartphone dan perangkat sejenisnya, untuk membangun komunikasi radio dengan satu sama lain, dengan menyentuhnya secara bersamaan atau mendekatkannya, biasanya tidak lebih dari beberapa sentimeter.

Bluetooth A2DP [Advanced Audio Distribution Profile]
A2DP dirancang untuk mentransfer 2 uni- directional - stream channel audio stereo, seperti musik dari pemutar MP3, ke headset atau radio mobil.

Infrared
Infrared atau inframerah dapat dikatakan sebagai salah satu konektivitas yang berupa perangkat nirkabel yang digunakan untuk mengubungkan atau transfer data dari suatu perangkat ke parangkat lain.

Wi-Fi
Istilah yang digunakan untuk menggambarkan suatu local area network tanpa kabel yang memenuhi standar industri.

SIM Card
Sekedar Info: buat yang belum tau, mini SIM SIM Card yg umum nya kita pakai. micro SIM SIM Card dengan ukuran lebih kecil dari mini SIM seperti pd Nokia N9. Nano SIM SIM Card ukuran lebih kecil dari micro SIM sprti pd Apple Iphone 5.

2G [atau 2-G] 
2G adalah singkatan dari teknologi generasi kedua telepon seluler. Teknologi seluler ini hadir menggantikan teknologi seluler pertama, 1G yang menggunakan sistem analog seperti AMPS [Advanced Mobile Phone System]. 2G merupakan jaringan telekomunikasi selular yang diluncurkan secara komersial pada jaringan GSM standar di Finlandia oleh Radiolinja [sekarang bagian dari Elisa] pada tahun 1991. Berbeda dengan 1G, 2G menggunakan sistem digital. Selain melayani komunikasi suara, 2G juga dapat melayani komunikasi teks, yakni SMS.

3G

Jaringan ponsel generasi ketiga. evolusi dari standar GSM yang memungkinkan transfer data broadband lebih cepat. Istilah ini umumnya digunakan mengacu kepada perkembangan teknologi telepon nirkabel [wireless].

4G

4G [Generasi ke 4] merupakan sistem berbasis IP terintegrasi penuh. Ini akan dicapai setelah teknologi kabel dan nirkabel dapat dikonversikan dan mampu menghasilkan kecepatan 100Mb/detik dan 1Gb/detik baik dalam maupun luar ruang dengan kualitas premium dan keamanan tinggi. 4G akan menawarkan segala jenis layanan dengan harga yang terjangkau. Setiap handset 4G akan langsung mempunyai nomor IP v6 dilengkapi dengan kemampuan untuk berinteraksi internet telephony yang berbasis Session Initiation Protocol [SIP].

CDMA
Code division multiple access [CDMA] adalah sebuah bentuk pemultipleksan [bukan sebuah skema pemodulasian] dan sebuah metode akses secara bersama yang membagi kanal tidak berdasarkan waktu [seperti pada TDMA] atau frekuensi [seperti pada FDMA], namun dengan cara mengkodekan data dengan sebuah kode khusus yang diasosiasikan dengan tiap kanal yang ada dan menggunakan sifat-sifat interferensi konstruktif dari kode-kode khusus itu untuk melakukan pemultipleksan.

GSM
Global System for Mobile, yaitu teknologi digital yang menyokong Jaringan 2G. Digunakan oleh 80 persen dari ponsel di seluruh dunia.

WAP
Wireless Application Protocol, yaitu standar internasional untuk aplikasi yang digunakan pada ponsel, misalnya untuk mengakses internet. Dirancang khusus untuk mengatasi keterbatasan layar ponsel.

WCDMA
Wideband Code Division Multiple Access, teknologi yang menyokong Jaringan 3G. merupakan teknologi generasi ketiga [3G] untuk GSM, biasa disebut juga UMTS [Universal Mobile Telecommunication System]. Teknologi ini tidak kompatibel dengan CDMA2000 atau sering disebut juga dengan CDMA saja. Kecepatan WCDMA bisa mencapai 384 kbps Teknologi ini menggunakan Wideband-AMR [Adaptive Multi-rate] untuk kodifikasi suara [voice codec] sehingga kualitas suara yang didapat menjadi lebih baik dari generasi sebelumnya.

HSDPA
High Speed Downlink Packet Access, yaitu suatu upgrade ke WCDMA yang memungkinkan download lebih cepat ke ponsel 3G.

HSUPA
High-Speed Uplink Packet Access [HSUPA] adalah protokol telepon genggam 3G dalam keluarga HSPA dengan kecepatan unggah/"uplink" hingga 5.76 Mbit/s. Nama HSUPA diciptakan oleh Nokia.

UMTS
Universal Mobile Telecommunications System adalah salah satu teknologi telepon genggam 3G [generasi ke-3]. Sekarang ini bentuk yang paling banyak digunakan adalah W-CDMA yang distandarisasi oleh 3GPP. Untuk membedakan UMTS dari teknologi 3G lainnya, UMTS seringkali dipasarkan sebagai 3GSM, menekankan dasar 3G dari teknologi ini.

WLAN
Wireless Local Area Networks, yaitu koneksi nirkabel ke internet yang dapat ditemukan di rumah-rumah, perkantoran, atau hotspot umum.

EVDO
EVDO, juga dikenal dengan EV- DO, 1xEvDO dan 1xEV-DO merupakan sebuah standard pada wireless broadband berkecepatan tinggi. EVDO adalah singkatan dari "Evolution, Data Only" atau "Evolution, Data optimized".

GPRS
General Packet Radio System, yaitu suatu upgrade ke GSM yang memungkinkan data dipecah dan dikirimkan dalam paket-paket, mirip dengan cara kerja internet. Kadang-kadang disebut juga sebagai Jaringan 2,5G.

GPS
Sistem Pemosisi Global "Inggris: Global Positioning System [GPS] " adalah sistem untuk menentukan posisi di permukaan bumi dengan bantuan sinkronisasi sinyal satelit. Sistem ini menggunakan 24 satelit yang mengirimkan sinyal gelombang mikro ke Bumi. Sinyal ini diterima oleh alat penerima di permukaan, dan digunakan untuk menentukan posisi, kecepatan, arah, dan waktu. Sistem yang serupa dengan GPS antara lain GLONASS Rusia, Galileo Uni Eropa, IRNSS India.
A-GPS
Assisted-Global Positioning System [A-GPS] merupakan penyempurnaan dari GPS sebagai satelit penentu posisi di belahan bumi.

EDGE
Enhanced Data GSM Environment, yaitu suatu upgrade yang lebih cepat ke GPRS.

GLONASS (Global Navigation Satellite System)
adalah radio berbasis sistem navigasi satelit yang dioperasikan untuk pemerintah Rusia dari Angkatan Udara Rusia. Untuk melengkapi dan memberikan alternatif untuk Global Positioning System Amerika Serikat '(GPS) dan sistem navigasi alternatif dalam operasi dengan cakupan global dan presisi sebanding dengan GPS.

Chipset
Chipset merupakan IC ukuran kecil yang terletak di mesin ponsel/komputer merupakan layaknya "polisi lalu lintas" pada papan induk [motherboard], mengarahkan aliran data dan menentukan peranti apa yang didukung oleh Personal Komputer [PC].

CPU [Central Processing Unit]
Fungsi utama dari CPU adalah melakukan operasi aritmatika dan logika terhadap data yang diambil dari memori atau dari informasi yang dimasukkan melalui beberapa perangkat keras, seperti papan tombol, pemindai, tuas kontrol.

GPU [Graphics Processing Unit]
adalah sebuah prossesor khusus untuk untuk bagian grafis 3D dari micro processor. Alat ini digunakan di sistem benam, telepon genggam, komputer pribadi, workstation, dan konsol game. GPU Moderen sangat efisien dalam memanipulasi komputer grafis dan struktur paralel, membuatnya lebih efektif dari fungsi umum CPU yang digunakan untuk bebagai perhitungan alogaritma.

Gyro
Gyro sensor bisa mendeteksi gerakan sesuai gravitasi, atau dengan kata lain mendeteksi gerakan pengguna.

ROOT/ROOTING
Rooting adalah proses yang memungkinkan Anda mengambil kontrol penuh pada Smartphone Android Anda. Dengan bantuan rooting Anda akan melakukan banyak hal pada  perangkat Anda seperti menginstal custom ROM, meningkatkan kinerja baterai pada perangkat Anda, menghapus sistem aplikasi yang tidak diinginkan, menginstal tweak dan melakukan memodifikasi lainnya di perangkat Android.

Sederhananya kita dapat mengatakan rooting itu memberikan izin level administrator pada perangkat Android dan Anda dapat menyesuaikan perangkat Anda sesuai kebutuhan Anda yang mana tidak bisa kita lakukan pada perangkat Android normal {Andorid yang belum di root}.

Dengan menge-root ponsel Android, memungkinakan Anda menginstal ROM khusus untuk dapat menjalankan versi Android lain yang tidak disediakan atau didukung oleh produsen handset tersebut dan dibawah ini keuntungan-keuntungan lainya:

1. Menginzinkan pengguna Smartphone untuk mendapatkan akases istimewa ke system operasi.
2. Anda dapat menginstal aplikasi superuser, yang tentu tidak kita lakukan pada perangkat Android yang belum di root.
3. Memungkinakan Anda dapat memodifikasi atau menghapus file system untuk melakukan berbagai tweak dan menggunakan aplikasi yang memerlukan akses root.
4. Banyak vendor Android menyediakan kemampuan untuk membuka kunci perangkat dan bahkan mengganti system operasi.
5. Kemampuan mengganti aplikasi pada sistem, pengaturan dan system operasi.
6. Membuka bootloader yang biasanya diperlukan untuk menghapus atau mengganti system operasi yang terpasang.
7. Setelah diroot semua pengguna dapat meng-uninstal aplikasi dengan perintah tertentu, yang mana perintah yang digunakan tidak dapat berjalan pada rom yang belum di root.
8. Anda dapat meload aplikasi apapun tanpa izin terlebih dahulu.
9. Secara dratis dapat meningkatkan kinerja dan overclock prosesor ponsel Anda.
10. Memungkinkan kita untuk dapat menginstal aplikasi pada microSD.
11. Merubah jenis fotn.
12. dan masih banyak lagi.

Dengan mengeroot perangkat Android Anda, tentu ada kuntungannya namun bukan berarti tidak ada kerugiannya juga, nah untuk kerugiannya apabila Anda tidak mengikuti panduan yang tepat dalam melakukan nge-root maka bisa mengakibatkan perangkat Android Anda menjadi unbrick bahkah bisa deadboot dan apabila berhasil nge-root tentu perangkat Anda akan kehilangan masa garansi, namun untuk masalah ini bisa Anda atasi dengan cara menginstal ulang/flash kembali perangkat Android dengan ROM Official.

Flash / Falsing
Istilah yang kedua yang tidak kalah seringnya didengar adalah istilah flash /flashing, istilah ini sering kita dengar manakala ada kerusakan di hp android, lantas apa itu flash / flashing ?

Flashing jika di dunia komputer sama dengan melakukan instal ulang sistem operasi, tidak jauh berbeda, di android juga istilah flashing artinya melakukan instal ulang sistem operasi android, untuk melakukan flash biasanya membutuhkan ROM android sesuai dengan merk dan versi hp yang digunakan [semacam software sistem operasi window].



TWRP
TWRP adalah singkatan dari Teamwin Recovery Project, adalah sebuah tool boot android yang dapat berjalan pada saat hp android anda dalam mode boot [kondisi ketika hp dihidupkan sebelum masuk ke tampilan utama].

Tool TWRP jika dijalankan hanya menampilkan menu-menu sederhana dengan background gelap. Tool ini biasanya sangat dibutuhkan, untuk keperluan pemulihan atau recovery pada hp android, seperti misalnya ganti room dll


TWRP untuk beberapa merk hp android sudah disediakan oleh sistem android itu sendiri, namun untuk beberapa versi ada yang belum ada, sebagian ada yang hanya menyajikan menu backup dan restore saja tergantung dari merk hpnya.

Agar hp android anda memiliki tool TWRP yang memiliki fitur lengkap biasanya harus melakukan instalasi/flash TWRP sendiri secara manual..


Tool ini sangat berguna ketika hp anda ingin di root, flash dengan room yang lebih baru, melakukan backup atau recovery, menghapus file sistem [Wipe] dan fitur-fitur pemulihan lainnya yang cukup berguna

UBL [Unlock Boatloader]

Jika anda sering membaca android, setidaknya anda akan sering mendengar istilah UBL, istilah ubl ini sebenarnya singkatan dari unlock boatloader, yaitu membuka kunci boatloader agar hp bisa diinstal TWRP dan tool lainnya.

Status bootloader di beberapa perangkat android, seperti misalnya di hp xiaomi keluaran versi terbaru, boatloadernya dalam keadaan dikunci, tujuannya adalah untuk membuat hp terproteksi dengan baik, namun dengan beberapa alasan boatloader terkadang perlu di unlock. tentunya dengan bantuan tool khusus.


HH
Di beberapa forum dan artikel internet terutama yang membahas tentang android banyak yang menyebut istilah HH, perlu anda ketahui bahwa yang dimaksud dengan HH sebenarnya sama dengan hp itu sendiri, HH merupakan singkatan dari Handheld artinya dipegang oleh tangan yang kemudian diartikan sebagai handphone. karena ingin kelihatan keren banyak yang menyebutkan HP dengan istilah HH.

So jangan bingung lagi  ya ketika ada teman atau ketika membaca sebuah artikel ada yang menyebut istilah HH, sekarang anda sudah tau artinya.



Bootloop
Bootloop adalah suatu kondisi ketika hp anda terus melakukan boot ulang dan tidak mau masuk ke home screen, kondisi ini terjadi  ketika hp dihidupkan atau direstart.

Boot adalah saat ketika hp startup ingin menyala, sedangkan loop adalah pengulangan, boot loop adalah ketika hp anda terus- menerus melakukan boot -restart -boot restart begitu seterusnya tanpa berhenti.

Bootloop biasanya disebabkan karena adanya modifikasi sistem secara ekstrim, seperti misalnya melakukan flashing yang gagal, kesalahan melakukan root android, error ketika melakukan flash twrp dan penyebab lainnya.


Softbreak dan Hardbreak

Softbreak adalah suatu kondisi kerusakan pada hp ketika hp dihidupkan tidak mau masuk ke menu utama atau home screen, hp hanya menampilkan animasi logo saja tanpa mau start atau orang banyak yang menyebutkan stuck logo.

Softbreak biasanya penyebabnya sama dengan bootloop, dan hp masih bisa diperbaiki dengan cara-cara tertentu.

Hardbreak adalah kondisi yang lebih parah dari hardbreak, biasanya kondisi hp mati total, namun ketika di cash, indikator baterai masih kelihatan, penyebabnya tidak jauh berbeda dengan penyebab yang bisa menyebabkan hp bootloop atau softbreak.

Ketika hp dalam kondisi hardbreak kemungkinannya sangat kecil untuk bisa diperbaiki dan pulih kembali mungkin kesempatan hp kembali normal hanya 3% saja, ada cara-cara tertentu untuk memperbaikinya, jalan terakhir adalah memperbaikinya ke service center.


EDL [Emergency Downlad Mode]
EDL adalah mode untuk menolong kondisi dimana smartphone dalam keadaan
  1. Mengalami hardbrick;
  2. Bootloop atau softbrick namun belum unlock bootloader;
  3. Stuck dengan ROM Distributor sehingga tidak bisa melakukan update melalui Updater, juga tidak bisa melalui mode fastboot karena harus UBL terlebih dahulu
merupakan salah satu mode alternatif selain mode fastboot pada saat melakukan flashing ROM pada Android. dan umumnya banyak ditemui dalam kasus ponsel yang bertipe chipset prosessor Qualcomm.

FRP [factory reset protection]
FRP adalah fitur keamanan baru yang bekerja pada perangkat smartphone OS 5.1 atau lebih. bertujuan untuk melindungi perangkat yang hilang. misalkan smartphone sobat hilang atau dicuri dan disaat perangkat tersebut akan di reset. otomatis akan meminta akun yang terdaftar trakhir. kekuranganya frp adalah jika smartphone sobat ingin reset kepengaturan pabrik dan lupa pasword akun, maka akan terkunci ponsel sobat. untuk membuka/menjebolnya harus pakai tools khusus sesuai merek ponsel yang digunakan.



[Next Update]
Istilah Dalam Ponsel Istilah Dalam Ponsel Reviewed by admin on 12.46 Rating: 5

Tidak ada komentar:

banner image
Diberdayakan oleh Blogger.